Berita,  Kegiatan,  Prestasi

Kader LKIM-PENA Borong Dua Kejuaraan Pada Ajang LKMN PTMA 2019 Universitas Ahmad Dahlan

lkimpena.org,- Enam mahasiswa kader LKIM PENA (Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran) Universitas Muhammadiyah Makassar yang masing-masing tergabung dalam dua tim, Mister dan Rameng berhasil sabet juara II dan III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

LKMN yang merupakan singkatan dari Lomba Kreativitas Mahasiswa Nasional adalah salah satu kegiatan yang diinisiasi oleh PKM Center Universitas Ahmad Dahlan. Dengan mengusung tema besarnya “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Revolusi Industri 4.0”, kegiatan yang berlangsung sejak 5-7 Desember 2019 lalu ini diselenggarakan sebagai upaya untuk memunculkan inovasi dan mengembangkan minat, bakat, keilmuan, meningkatkan dan mengembangkan wawasan, kreativitas, serta inovasi-inovasi mahasiswa melalui sebuah karya ilmiah.

Kegiatan yang bertajub kompetisi ilmiah mahasiswa perguruan tinggi muhammadiyah dan aisyiyah se-Indonesia  ini terbagi dalam beberapa tahapan seleksi, yaitu: tahap seleksi abstrak, tahap seleksi fullpaper, hingga tahap presentasi. Kadua tim Universitas Muhammadiyah Makassar yang berhasil lolos hingga ke tahap presentasi dan menyandingi finalis lainnya yang berasal dari: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Bandung, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Tanjung Redep Kabupaten Berau, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Kedua tim almamater biru tersebut di babak presentasinya berhasil meyakinkan dewan juri melalui inovasi “Teknologi Mister (Mesin Seaweed Terapung): Upaya Efektivitas Panen Budidaya Rumput Laut di Takalar Sulawesi Selatan”. Tim tersebut beranggotakan Rudi (FKIP/Pendidikan Matematika), Muh Sari Sam (FEB/Akuntansi), dan Andy Suriyani (FEB/Ekonomi Islam). Kemudian disusul oleh tim ‘Rameng’ yang beranggotakan Dirgahayu (FKIP/Pendidikan Agama Islam), Marlika (FKIP/Pendidikan Bahasa Inggris), Hesti Dwiana Putri (FKIP/Pendidikan Matematika) dengan menggandeng karya terbaiknya yang berjudul “Rameng: Hologram Dongeng 3S sebagai Media Pembelajaran Penanaman Nilai-nilai Budaya pada Siswa Kelas IV SD dalam Mewujudkan Revolusi Industri 4.0”

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa dapat penghargaan ini. Kami sangat berharap semoga saja kami bisa mengembangkan gagasan ini menjadi produk yang bernilai untuk  masyarakat luas, sehingga masyarakatpun dapat segera terbantu.”, tutur Dirga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *