Artikel,  Berita,  Kegiatan,  PIKIR

UKM LKIM-PENA Mendukung Net Zero Emission 2060 Melalui PIKIR 2023

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (UKM LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar pembukaan kegiatan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2023 di Kampus Biru Universitas Muhammadiyah Makassar.

Acara Pembukaan Kegiatan PIKIR 2023 berlangsung dengan lancar yang dihadiri oleh para finalis LKTIM, Esai, LKTIS, PENTAS dan para tamu undangan yang hadir pada pembukaan acara tersebut, yaitu lembaga internal maupun eksternal kampus.

Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar, Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Wakil Rektor III yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Unismuh Makassar.

Kegiatan ini terdiri dari seminar Nasional dan tiga event lomba yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) Nasional, Lomba Esai Nasional, dan Lomba Tingkat SMA/SMK/MA se Sulawesi Selatan yang terdiri atas Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa (LKTIS) dan Lomba Akustik.

Pelaksanaan PIKIR 2023 kali ini, mengusung tema “Youth Action Towards Net Zero Emission 2060” sebagai salah satu upaya mendukung Keputusan Konferensi Tingkat Tinggi Iklim di Paris untuk menjaga kenaikan temperature rata-rata global 2oC dan menjaga kenaikan temperature tidak melebihi 1,5oC dengan tujuan mengurangi resiko dan dampak perubahan iklim melalui peran dari pemuda.

Panitia PIKIR 2023 Muh. Anwar menjelaskan bahwa PIKIR 2023 adalah kegiatan bertaraf Nasional dalam rangka mempertemukan para inovator muda se-Indonesia sebagai inspirator yang mampu mencari solusi untuk mendukung terwujudnya Net Zero Emission 2060.

Bukti nyata yang dapat dilihat adalah hadirnya para inovator muda dari berbagai universitas dengan karya terbaiknya yang akan beradu gagasan di ajang PIKIR 2023.

 

Ketua Umum LKIM-PENA Lukman Nul Hakim Amran Saputra membahas lebih lanjut bahwa kegiatan PIKIR 2023 sebagai wadah bagi mahasiswa seluruh Indonesia dalam beradu gagasan dan ide solutif untuk mewujudkan bumi yang bebas emisi karbon.

 

Net Zero Emission atau nol emisi karbon adalah kondisi dimana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer tidak melebihi jumlah emisi yang mampu diserap oleh bumi, yang menjadi objek dalam tema kegiatan kali ini adalah pemuda Indonesia.

Mahasiwa sebagai agen perubahan pada dasarnya memiliki peran sebagai upaya untuk membantu usaha-usaha pemerintah dalam mewujudkan segala hal yang sedang digagas.

Semoga ide yang diberikan dapat diimpementasikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *