Berita,  Kegiatan,  Pengumuman,  PIKIR

OPENING CEREMONY PEKAN ILMIAH DAN KREATIVITAS REMAJA (PIKIR) 2020 LKIM-PENA

lkimpena.org,- Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas  Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (UKM LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar telah melangsungkan acara pembukaan kegiatan Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) 2020 melalui Zoom Meeting via daring. Jum’at (16/10/2020).

Acara Pembukaan Kegiatan PIKIR 2020 ini, berlangsung dengan lancar yang dihadiri oleh para finalis LKTIM, Esai, Simposium dan para tamu undangan yang hadir pada pembukaan acara tersebut, yaitu lembaga internal maupun eksternal kampus, Kakanda Akbar, S.P., M. Si. selaku Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr. Muh. Tahir, M. Si. selaku wakil rektor III Universitas Muhammadiyah Makassar, bapak Drs. A. Irwan Bangsawan, M. Si. selaku Plt Kadis dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, sekaligus membuka acara PIKIR 2020.

Kegiatan ini terdiri dari tiga event lomba bertaraf Nasional, yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM), Lomba Esai, dan Simposium Nasional 2020 yang melibatkan para Mahasiswa se-Indonesia. Pelaksanaan PIKIR 2020 kali ini, mengusung tema “Dedikasi Generasi EMAS di Era Industri 4.0” sebagai salah satu upaya dalam membangun kinerja, serta memicu adrenalin para Genersai EMAS di tengah pandemi Covid-19 sebagai objek yang paling berpengaruh menciptakan perubahan di suatu Negara.

Irvandi selaku ketua panitia PIKIR 2020, menjelaskan bahwa PIKIR 2020 adalah Kegiatan bertaraf Nasional dalam rangka mempertemukan para pemuda pemudi se-Indonesia sebagai inspirator yang mampu mencari solusi atas permasalahan yang timbul dalam Negeri. PIKIR 2020 juga sebagai ajang beradu gagasan untuk menemukan jawaban yang tepat atas dasar kesepakatan bersama. Sehingga bukti nyata yang dapat dilihat saat ini adalah hadirnya para pemuda pemudi dari berbagai universitas dengan karya terbaiknya yang akan beradu di ajang PIKIR 2020 dalam event yang berbeda. Sebagaimana kutipan dari Joseph Stalin seorang pemimpin soviet mengatakan bahwa “Ide lebih berkuasa dari senjata. Maka dari itu perbanyak rasa ingin tahu tentang ide, gagasan, dan pemikiran”.

“PIKIR 2020 merupakan kegiatan tingkat nasional yang mempertemukan pemuda pemudi yang menginspirasi untuk mencari solusi permasalahan negeri ini. Sehingga PIKIR juga menjadi salah satu ajang untuk beradu gagasan, dan pemuda pemudi yang dimaksud sudah ada di tengah-tengah kita membawa karya tebaiknya yang akan di presentasikan dalam kegitan PIKIR 2020. Mengutip perkataan dari Joseph Stalin seorang pemimpin soviet mengatakan bahwa “Ide lebih berkuasa dari senjata. Maka dari itu perbanyak rasa ingin tahu tentang ide, gagasan, dan pemikiran,” Tutur Irvandi.

Ketua umum LKIM-PENA, Didin Ferdiansyah membahas lebih lanjut bahwa tahun ini dalam pelaksanaan PIKIR 2020 terdapat juga kegiatan Simposium Nasional 2020 yang merupakan ajang perkumpulan mahasiswa se-Indonesia. LKIM-PENA dan Universitas Muhammadiyah Makassar saling berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan PIKIR hingga saat ini di tahun 2020. Akhir kata dengan penuh pengharapan, dengan terlaksananya PIKIR tahun ini  tidak dapat menyudutkan euforia, dan bagi para finalis yang berhasil lolos, agar karya mereka tidak hanya berfungsi sebagai ajang perlombaan. Namun dapat diimplementasikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sambutan selanjutnya oleh bapak Plt Kadis dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, sangat mengapresiasi adanya kegiatan PIKIR 2020 yang melibatkan para generasi muda se-Indoinesia. Menurut beliau kegiatan ini harus dihargai karena mampu mencetak generasi penerus yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *