Berita,  Diklat Ilmiah,  Kegiatan

Pelaksanaan Indoor Diklat Ilmiah XIV LKIM-PENA Resmi Dibuka, Simak Rangkaian Kegiatannya!

lkimpena.org,- Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (UKM LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar Periode 2019-2020 resmi menggelar pembukaan Indoor Diklat Ilmiah XIV. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, 14 Februari 2020 bertempat di Aula Teknik Lantai 3 Menara Iqra’ Unismuh Makassar. Jum’at (14/02/2020).

Indoor Diklat Ilmiah XIV merupakan wadah yang dikhususkan kepada Peserta Diklat Ilmiah XIV untuk menambah wawasannya mengenai dunia penelitian. Tahapan ini merupakan proses pendiklatan yang termasuk dalam program kerja wajib bidang II Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Periode 2019-2020.

Mengusung tema “Optimalisasi Peran Generasi Muda yang Berintegritas dan Progresif untuk Mewujudkan Penelitian Berkualitas”, Muh Asbar selaku ketua panitia menekankan tiga poin penting dalam tema tersebut, yaitu upaya memproses Mahasiswa untuk melakukan pengoptimalan yang terwujud melalaui tindakan dalam menjalankan perannya sebagai generasi muda, memiliki jiwa yang berintegritas dan progresif sebagai acuan untuk mewujudkan penelitian berkualitas.

Pembukaan kegiatan secara resmi dilakukan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhammad Tahir, M.Si. Menurut penjelasan Beliau yang juga sebagai Pembina LKIM-PENA, bahwasanya Indoor Diklat Ilmiah XIV merupakan kegiatan yang mampu mengembangkan softskill Mahasiswa di dunia kepenulisan ilmiah secara lebih mendalam. Kemampuan ini nantinya akan menjadi bekal Mahasiswa dalam menghadapi masa depan.

“Diklat Ilmiah XIV ini adalah wadah yang tepat untuk Ananda sekalian dalam mengembangkan softskill di dunia kepenulisan ilmiah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang diberikan  kesempatan untuk belajar lebih mendalam. Manfaatkan sebaik mungkin untuk masa depan kalian”, tutur Beliau.

Adapun tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu jajaran Alumni LKIM-PENA, UKM 10 pilar Universitas Muhammadiyah Makassar, IMM Universitas Muhammadiyah Makassar, BEM Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Universitas Muhammadiyah Makassar, serta UKM Penelitian dan Penalaran se Universitas Kota Makassar.

Kegiatan tersebut rencananya akan terselenggara hingga tiga hari kedepan (14-17 Februari 2020). Pada hari pertama, setelah dilaksanakannya pembukaan, akan dilanjutkan dengan penerimaan materi selayang pandang LKIM-PENA (Sri Satriani, S.Pd.,M.Pd.), dan pengantar penelitian (Dr. Burhanuddin, S.Sos., M.Si.). Hari kedua disambung dengan penyampaian materi metode kualitatif (Dr. Hj. Fatmawati, M.SI.), kerangka berfikir ilmiah dan kritis (Ilmiawan, S.Pd.), dan teknik presentasi (Goestina, S.Pd.).

Kemudian pada hari ketiga, materi yang akan diterima Peserta Diklat Ilmiah XIV yaitu menggali ide dan kreativitas (Irwanto, S.Pd., M.Pd.), multiple intelegent (Zulkarnaim Masyhur, M.T), manajemen organisasi (Sandi Pratama, S.Pd.I., M.Pd.), dan Al-Islam Kemuhammadiyaan (Ahmad Natsir, S.Pd.I., M.Pd.). Terakhir pada hari keempat akan dilaksanakan Kunjungan Ilmiah ke beberapa Universitas yang ada di Kota Makassar.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *