Sejarah

PROFIL LKIM-PENA

Sejarah

Mimpi, ide, dan cinta adalah software ruang dan waktu dimana seseorang mahasiswa dituntut harus selalu berupaya membangun karya dan cipta sebagai persembahan terendah untuk permaisuri keilmuan. Keberpihakan pada kebenaran, kemanusiaan dan penajaman potensi diri.

Aksi, kerja keras tanpa pamrih dan kebersamaan tak terbatas adalah hardware menebak masa depan. Sebab, mahasiswa harus selalu mencari format-format penguat gerakan, penahan gesekan ombak terhadap kerasnya zaman sebagai upaya mengkokohkan struktur dan infrastruktur pribadi maupun institusi keilmuan.

Idealisme tak cukup melawan globalisasi, suara hati tidak cukup menfasilitasi aksi gerakan, ukhwah tak cukup mewadahi seluruh siskom dan perangkat. Sehingga diperlukan satu komponen lagi untuk menjewatahkan secara nyata, tajam, terpercaya, komprehensif, berkesinambungan, dan penguasaan skill adalah fakta yang tak terbantahkan untuk menjawab tantangan zaman.

Sehingga dari konteks ini dibutuhkan integritas antara peranan kampus dalam pengembangan ilmu pengetahuan, peranan kampus mestinya sejalan dengan pembinaan kemahasiswaan secara ideologis sebagai prasyarat terwujudnya idealism seorang mahasiswa, sehingga dapat terbangun dinamika kampus yang ilmiah dan dapat melakukan peranan-peranan social dalam mengaktualkan ilmunya. Maka perlu dibangun piranti-piranti kelembagaan untuk membina, meningkatkan ilmu pengetahuan dan research sebagai bekal dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.

Sehingga pada tanggal 10 Desember 2005 terbentuklah sebuah lembaga yang dapat membina kreativitas, skill, dan pengembangan ilmu pengetahuan secara ilmiah dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dengan nama Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) yang berdomisili di Universitas Muhammadiyah Makassar dengan mengacu pada: (1) penelitian/research; (2) gagasan tertulis; (3) inovasi teknologi; (4) kewirausahaan; (5) artikel ilmiah; (6) pengabdian masyarakat; (7) jurnal dan majalah ilmiah; dan (8) cerpen dan puisi.

Adapun bidang-bidangnya, yaitu:

  1. Bidang Penelitian dan Penalaran
  2. Bidang Pendidikan dan Pelatihan
  3. Bidang pengembangan Kreativitas
  4. Bidang Kewirausahaan dan Jaringan

Fungsi

Sebagai wadah bagi mahasiswa Unismuh Makassar dalam mengembangkan kreativitas ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai ilmu pengetahuan serta aktualisasi potensi diri sebagai komunitas ilmiah dan islamiah yang berwawasan luas, cakap, kritis, sekaligus inovatif dan kreatif.

Tujuan

  1. Membina dan meningkatkan potensi mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas, skill, serta ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mewujudkan masyarakat sejahtera sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.
  2. Pengembangan dan penyebarluasan ajaran Islam, keterampilan, ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam kerangka ilmiah demi untuk kemaslahatan bersama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *