LIPI dan Bekraf Kota Makassar Mengikutsertakan Satu Kader LKIM-PENA pada Program Pelatihan Bimtek Kuliner Nusantara Regional Makassar



lkimpena.org,- Satu  kader Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (UKM LKIM-PENA) telah mengikuti kegiatan Pelatihan Penelitian dan Bimbingan Teknis Pendataan Kekayaan Kuliner Tradisional secara Partisipatif untuk Pengembangan Riset Industri Kreatif Bidang Kuliner, Makassar.  (02-04/11/2018).

Pelatihan Penelitian dan Bimbingan Teknis Pendataan Kekayaan Kuliner Tradisional secara Partisipatif untuk Pengembangan Riset Industri Kreatif Bidang Kuliner atau singkatnya disebut Bimtek Kuliner Nusantara ini merupakan program  pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Makassar. Program Bimtek Kuliner Nusantara ini dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia, di antaranya: Palembang, Pontianak, Wonogiri, Lombok, dan Makassar.

Program pelatihan pada regioal Makassar ini dilaksanakan tepatnya di empat titik yaitu Balai Kelurahan, rumah pertemuan, rumah Keluarga Induk, dan wilayah publik di Kelurahan Lakkang, Kec. Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Mengawali kegiatan pelatihan ini, peserta dibekali dengan materi seputar peta kuliner nusantara. Peserta pada kegiatan ini kemudian diberikan kesempatan untuk melakukan pendataan jenis-jenis kuliner lokal, baik kuliner berupa makanan pokok maupun jenis kuliner jajanan. Bertujuan untuk mengangkat kembali eksistensi kuliner tradisional nusantara, program ini tidak hanya melibatkan kalangan mahasiswa, namun juga melibatkan berbagai mitra serta masyarakat lokal.

Maryam, mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian menjadi salah satu partisipan atau peserta pada kegiatan yang mengikutsertakan berbagai kalangan mahasiswa dari berbagai universitas. Maryam juga menyampaikan bahwa program pelatihan ini telah memberikan pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa baginya, terkhususnya dalam bidang kuliner tradisional nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14