Kader LKIM-PENA Unismuh Makassar Meraih Gelar Best Symposium Research 2018 di Universitas Airlangga Surabaya


Kader LKIM-PENA meraih gelar Best Symposium Research di Universitas Airlangga
lkimpena.org,- Staf Bidang I "Penelitian dan Penalaran" (PENA) Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Periode 2017-2018 Universitas Muhammadiyah Makassar berhasil meraih gelar Best Symposium Research 2018 di Universitas Airlangga, Surabaya. Senin (7/5/2018).
Program Makassar Home Care Dottoro’ta merupakan pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah pasien oleh tenaga tim tenaga medis puskesmas dari pihak pemerintah. Program Makassar Home Care ini dicetuskan oleh Bapak Wali Kota Makassar dan telah diatur dalam peraturan Wali Kota sejak Januari 2015. Adanya program Makassar Home Care Dottoro’ta ini menjadi program yang telah mendapatkan perhatian yang sangat baik dari kalangan masyarakat internal Makassar maupun masyarakat di luar wilayah Sulawesi Selatan melihat kedudukannya sebagai program pelayanan masyarakat yang inovatif dan dipandang memiliki kinerja yang sangat bagus dalam mengimplementasikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. 

Pada tahun 2016, program layanan kesehatan Makassar Home Care Dottoro’ta ini telah mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemen PAN RB) sebagai salah satu Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016 (Azikin, 2017). Maka dari itu, adanya program Makassar Home care Dottoro’ta sebagai pelayanan kesehatan yang dipandang sangat efektif oleh pemerintah dan masyarakat yang dapat memberikan layanan yang baik pada pasien, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian program tersebut yakni dengan judul “Layanan Kesehatan Masyarakat Berbasis Home Care Dottoro’ta; Kajian Inovasi Pelayanan Publik di Puskesmas Mangasa Kota Makassar” guna untuk menganalisis serta mendeskripsikan pelayanan kesehatan masyarakat berbasis Home Care Dottoro’ta di Puskesmas Mangasa Kota Makassar untuk masyarakat yang lebih sejahtera.

Kegiatan POTASIUM Nasional 2018 diikuti sebanyak 23 UKM (Unit Kegiatan mahasiswa) di seluruh Indonesia. UKM LKIM-PENA yang mengikuti kegiatan ini yaitu Harianto Arbi (Pendidikan Fisika), Nurul Fathana (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) dan Muh Asrul (Ilmu Administrasu Negara). Segenap usaha dan doa yang telah dilakukan, ketiga kader merai juara Best Symposium Research dalam rangkaian kegiatan Presentasi Penelitian dalam ajang potassium Nasional 2018 di Universitas Airlangga Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14