LKIM-PENA Sabet Dua Juara Sekaligus di Malam Penganugerahan Indonesian Young Professional Paper Awards



lkimpena.org,- Dua Tim Kader Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Unismuh Makassar Raih Juara pada Malam Penganugerahan Indonesian Young Professional Paper Awards, Ahad (26/11/2017). 

Indonesian Young Professional Paper Awards (IYPA) 2017 merupakan ajang penganugerahan yang didedikasikan untuk mahasiswa (i) Indonesia yang memiliki kontribusi dalam bidang penelitian dan karya tulis ilmiah. Program ini mengusung tema “Exploring Ideas to Generate Millenial Innovators” dalam tiga kategori yaitu, ide/gagasan, prototype, & aplikatif. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 24-26 November. 

LKIM-PENA kembali mengharumkan nama almamater dengan meraih dua juara sekaligus. Keduanya, Juara I diraih oleh Nur Azmi M (Pendidikan Guru Sekolah Dasar/FKIP) beserta timnya yaitu Nur Hasanah (Pendidikan Fisika/FKIP) dan Andi Reski Amalia Yusman (Pendidikan Fisika/FKIP). Selanjutnya Juara III oleh Nurul Fadilah (Pendidikan Matematika/FKIP). Mereka telah bersaing dengan para Millenial Innovators yang merupakan finalis dari berbagai universitas ternama di Indonesia seperti, Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor dan lainnya. Selain itu, LKIM-PENA juga meraih penghargaan sebagai The Most Contributive Student Research Institute yang diserahkan langsung kepada Rahman selaku ketua umum LKIM-PENA dan dihadiri pula oleh Wakil Rektor III, ayahanda Dr. Muh. Tahir, M.Si. 

Adapun masing-masing ide/konsep yang mereka tawarkan dan berhasil menarik perhatian dewan juri adalah; pertama Nur Azmi M dan tim mengangkat media pembelajaran nilai-nilai nasionalisme sebagai upaya menginternalisasikan semangat nasionalisme di bangku Sekolah Dasar dan sebagai bentuk pertahanan diri generasi bangsa secara dini. Kedua, Nurfadillah dengan idenya yang membuat inovasi melalui suatu aplikasi yang menyerupai pemutar musik namun berbasis audio visual. Ini dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat rumus matematika yang kemudian diinovasikan dengan mengubahnya menjadi lirik lagu artis yang sedang happening untuk tingkat SMP. 

“Alhamdulillah lagi-lagi ucapan terima kasih yang sebesarnya atas doa dan dukungan saudara seperjuangan LKIM-PENA, ilmu yang tak terbatas dari dosen pembimbing dan civitas akademika Unismuh Makassar” Ujar Nur Azmi M. Nurul Fadilah juga menambahkan bahwa lomba tersebut adalah LKTI pertama yang diikutinya. Dia tidak menyangka bisa meraih juara III, karena bersaing dengan banyak innovator dari universitas ternama Indonesia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14