Dua Siswa Sekolah Binaan LKIM-PENA Tebar Indahnya Budaya Indonesia Lewat Esai di Kota Bogor



lkimpena.org,- Sekolah Binaan LKIM-PENA Unismuh Makassar yang diwadahi oleh Bidang Penelitian dan Penalaran  Berhasil Membuktikan Kualitasnya dengan Terpilihnya sebagai Finalis Esai di Kota Bogor, Kamis (26/10/2017).

Bidang Penelitian dan Penalaran atau yang dikenal dengan sebutan Bidang Pena sejauh ini memiliki dua sekolah binaan. Salah satunya adalah SMP Unismuh Makassar. Ada banyak rancangan kegiatan pada sekolah binaan itu sendiri, termasuk penulisan karya tulis seperti esai. Seluruh anggota Bidang Pena memiliki peran masing-masing dalam mengembangkan sekolah binaan. Nur Azmi M (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) selaku anggota Bidang Pena berhasil mengantarkan dua siswi SMP Unismuh Makassar untuk ikut di ajang Tingkat Nasional.

Pada 9 Oktober lalu, mereka mengirimkan karya esai yang mengangkat budaya nusantara dengan judul “SUSHI DAENG : Kuliner Lokal Kota Anging Mammiri untuk Lidah Asing”. Alhasil, mereka dinyatakan lolos dan saat ini telah berada di Kota Bogor. Ajang tersebut merupakan Olimpiade Humaniora Nusantara 2017 Tingkat Nasional Pertama di Indonesia. Tebar Indahnya Budaya Indonesia adalah tema yang diusung yang bertujuan menggugah generasi muda untuk dapat memaknai budaya Indonesia dan keunikan di dalamnya melalui ragam kompetisi dalam ajang ini. Tidak hanya ajang esai, akan tetapi ada beberapa rangkaian kegiatan seperti LINTARA (Lintas Nusantara), Opera Van Jampang, Story Telling, Lomba Social Experiment, Festival Akulturasi Kuliner Nusantara dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Kegiatan tersebut berlangsung 25-26 Oktober 2017.

Maria Ulfa, S.Pd., M.Pd, Guru SMP Unismuh yang juga ikut mendampingi siswanya mengatakan bahwa kepenulisan itu sangat penting untuk warga Muhammadiyah, khususnya bagi para pelajar. Kami tidak pernah mengajarkan anak-anak kami bertanding untuk mendapatkan juara , tetapi bagaimana pengalaman ini mampu memberikan mereka kepercayaan diri untuk menebarkan ilmu kemana saja. Hidupilah Muhammadiyah dengan ilmu yang kita miliki. Terima kasih kepada seluruh pengurus LKIM-PENA yang senantiasa membimbing anak-anak kami dalam dunia kepenulisan. Salam Literasi! 


Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas. SUKSES.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8