“DOMINO BIOLOGI OLAHRAGA DAN SENI (BIOGAS) SEBAGAI UPAYA MEMPERMUDAH SISWA SMP DALAM MENGHAFAL BAHASA LATIN DAN INGGRIS” BERHASIL MENJADI RUNNER UP IV DALAM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH NASIONAL BODY 2017



lkimpena.org. Kader Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran menyandang Runner Up IV dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional BODY 2017 HIMABIO FMIPA di Universitas Negeri Makassar. Selasa, (10/10/2017).


Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional BODY 2017 di selenggarakan oleh HIMABIO FMIPA Universitas Negeri Makassar. Kegiatan ini untuk mencapai tujuan pembangunan yang diperlukan sejumlah inovasi bagi Indonesia dalam segala bidang, oleh karena itu, Biologi Open Day 2017 menghadirkan LKTIN sebagai wadah bagi peserta generasi peneliti muda dalam menyalurkan ide terbaik dengan menggunakan aplikasi sesuai bidang generasi muda dalam menyalurkan ide terbaiknya dengan menggunakan prototype dari gagasan tersebut sebagai bentuk perwujudan SDGs.

LKIM-PENA Unismuh Makassar memgutus satu tim kader mereka ialah Ita Purnamasari Rahman (FKIP/Pendidikan Biologi) Uswatun Hasanah (FKIP/Pendidikan Teknologi) Anisa Aah Marfuah (FKIP/Pendidikan Sosiologi) dalam ajang LKTIM Nasional Biologi Open Day (BODY) 2017  di Universitas Negeri Makassar pada tanggal 6-8 Oktober 2017. Setelah melalui proses seleksi ratusan karya dari berbagai mahasiswa perguruan tinggi lainnya. Akhirnya berhasil dinyatakan menjadi salah satu dari 10 finalis lolos dan diundang  mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri. Rangkaian kegiatan finalis pada lomba ini yakni, kegiatan technical meeting, presentasi karya dan field trip.

Judul karya yang dipresentasikan ialah “Domino Biologi Olahraga dan Seni (Biogas) sebagai Upaya Mempermudah Siswa SMP dalam Menghafal Bahasa Latin dan Inggris”. Yang melatar belakangi penulis mengangkat judul ini ialah untuk membahas tentang perlunya sebuah inovasi media pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan siswa SMP dalam mempelajarai mata pelajaran biologi khusunya menghafal bahasa latin dan Inggris. Inovasi media pembelajaran yakni Domino Biologi Olahraga dan Seni (Biogas) sebagai upaya mempermudah siswa SMP dalam menghafal bahasa latin dan Inggris ini dibuat dalam bentuk permainan 28 kartu dapat dimainkan 2, 4 dan 6 orang pemain, mengenai materi biologi penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya yang dibagi menjadi tiga golongan yaitu Karnivora, Herbivora dan Omnivora.

Berikut ini adalah desain Domino Biogas dari depan dan belakang :



Rencana selanjutnya ialah, agar media pembelajaran ini diterapkan pada siswa SMP di kelas dalam mata pelajaran biologi, tidak hanya pembelajaran biologi saja tetapi semua mata pelajaran dan tentunya dapat menjadi game online.

“Berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan, maka berlombalah. Untuk menjadi Mahasiswa yang luar biasa maka menelitilah. Terimakasih ibunda serta kakanda yang telah membimbing serta memberikan masukan kepada kami.
 Kerja Keras ! Kerja Cerdas ! Kerja Ikhlas Sukses !” Ujar Ita Purnamasari Rahman.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Kompleks UKM. Sultan Alauddin No.259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan Perum Bumi Permata Hijau Jalan Bumi 21 No. 6