TIGA KADER LKIM-PENA UNSIMUH MAKASSAR : AJANG LKTI 2017 TINGKAT MAHASISWA (STRATA I) NASIONAL. HISTORIA CREATIVITY COMPETITION, ASOSIASI PENDIDIK DAN PENELITI SEJARAH (APPS) WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

lkimpena.org,- Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran Unismuh Makassar menorehkan prestasi di ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah 2017 Tingkat Mahasiswa (STRATA I) Nasional Historia Creativity Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Senin (20/09/2017).

Unit kegiatan mahasiswa dalam bidang penelitian dan penalaran LKIM-PENA kembali berpretasi. Prestasi kali ini datang dari ajang LKTI 2017 Tingkat Mahasiswa (STRATA I) Nasional. Historia Creativity Competition, Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah (APPS) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak seluruh mahasiswa Indonesia berperan sebagai generasi muda yang mampu mengembangkan ide atau gagasan-gagasan yang inovatif dan solutif untuk membangun Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh tim juri dan dipilih 15 karya yang akan berkesempatan mempresentasikan hasil karya pada acara Final Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional pada tanggal 23 September 2017 di Museum Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta. Rangkaian kegiatan finalis pada lomba ini dimulai dari presentasi karya hingga field trip.

Kegiatan tersebut didukung oleh Direktorat Sejarah Ditjen Kebudayaan dan Asosiasi Pendidik dan Peneliti Sejarah (APPS) Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan tujuan meningkatkan peran pemuda yang kritis dalam menyelesaikan permasalahan pendidikan karakter di Indonesia dengan solusi–solusi kreatif untuk membangun Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. Sesuai tema dalam kegiatan ini Internalisasi Nilai-Nilai Sejarah Sebagai Upaya Meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Sadar Sejarah Kepada Generasi Muda”.

Tiga kader yang lolos dari LKIM-PENA Unismuh Makassar telah mempersiapkan diri untuk mempertanggungjawabkan karya terbaiknya di hadapan dewan juri, mereka adalah  Andi Reski Amalia Yusman (Pendidikan Fisika/FKIP), Nurhasanah (Pendidikan Fisika/FKIP) dan Nur Azmi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar/ FKIP). Adapun judul karya yang dipresentasikan adalah “Jelajah Sejarah Melalui Ludo Carp: Upaya Mewujudkan Generasi Nasionalis Bagi Anak Sekolah Dasar”. Karya ini merupakan permainan ludo carp yang akan mendorong siswa lebih aktif dalam kegiatan membaca sambil bermain terkait sejarah Indonesia.

“Harapan kami, semoga semuanya berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat membuat semua orang tersenyum bahagia
Ujar Andi Reski Amalia Yusman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8