Pembukaan Kemah Ilmiah (Kemih) 2017 di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep


lkimpena.org,- Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar mewadahi para siswa SMP dan SMA sederajat di Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep dalam kegiatan Kemah Ilmiah (Kemih) 2017, Jumat (28/07/2017). 

Kemah Ilmiah 2017 yang bertemakan “Eksplorasi Peneliti Muda dalam Membangun Semangat Ilmiah” akan dilaksanakan selama 5 hari yaitu 27-31 Juli 2017. Kegiatan ini dimulai dari acara pembukaan yang dihadiri oleh sejumlah tamu undangan. Selain peserta , kegiatan ini dihadiri oleh beberapa aparat pemerintah Kabupaten Pangkep, diantaranya Bapak Kapolres Kabupaten Pangkep, Bapak Camat Bungoro, Bapak Kapolsek Bungoro, dan Koramil. Acara ini dibuka secara resmi oleh Bapak Camat Bungoro. 

Sebanyak 56 peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tahunan ini, baik itu tingkat SMP maupun SMA sederajat. SMP Negeri 1 Bungoro dan SMAN 1 Bungoro merupakan dua dari beberapa sekolah yang terdaftar sebagai peserta. Para peserta tersebut akan mengikuti beberapa item kegiatan secara sistematis, yang meliputi Design Thinking & Research Action, Debat ilmiah serta beberapa item kegiatan lainnya. Maka Output dari kegiatan ini adalah untuk melatih dan menumbuhkembangkan jiwa riset di kalangan pelajar se-Kabupaten Pangkep, khususnya bagi para peserta itu sendiri. 

Bapak Camat Bungoro dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat didukung penuh oleh pemerintah setempat dengan memberikan saran bahwa kabupaten Pangkep sangat membutuhkan riset inovasi di bidang pertanian. Hal ini selaras dengan tujuan awal diadakannya Kemih 2017. Beberapa tamu undangan yang hadir juga mengatakan hal yang serupa, tambahnya lagi bahwa kegiatan outdoor seperti Kemih seharusnya menjadi barometer bagi mahasiswa lembaga kemahasiswaan lainnya untuk melakukan kegiatan sebagai wujud dari Tri Dharma perguan tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8