Literasi Tanpa Batas Bersama Ilmu Tak Terbatas di Sekolah Binaan


lkimpena.org,- Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) melaksanakan sekolah binaan di Pondok Pesantren Darul Falah di Dusun Panyambeang Desa Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa, Sabtu (15/07/2017).
Kegiatan sekolah binaan telah terlaksana sejak periode 2015/2016. Setelah launching pada periode sebelumnya, pengurus LKIM-PENA khususnya bidang penelitian dan penalaran kembali berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Falah di Dusun Panyambeang Desa Bissoloro Kec. Bungaya Kab. Gowa tersebut. Tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, pengurus kembali melanjutkan program-program yang telah terlaksana kemudian mengembangkannya.

LKIM-PENA selaku fasilitator pada sekolah binaan berusaha memberikan yang terbaik kepada adik-adik siswa Pondok Pesantren Darul Falah. Terbukti dengan dihadirkannya beberapa fasilitator yang memberikan materi dengan cara yang mudah dan menyenangkan tentunya. Sehubungan dengan minimnya fasilitas yang kurang memadai dari sekolah tersebut, maka fasilitator memberikan kelas-kelas literasi yang mampu mengembangkan kemampuan para siswa tersebut. Adapun beberapa materi yang disampaikan adalah KIR, Budaya Literasi, English Class. Tidak hanya perihal literasi tetapi juga terkait dengan spiritual yaitu dengan diperadakannya materi Kemuhammadiyaan.

Jumlah siswa yang ikut pada sekolah binaan kali ini adalah 38 orang untuk siswa SMP dan 11 orang untuk siswa SMA. Para siswa sangat antusias mengikuti serangkaian materi yang telah dikonsep sedemikian rupa oleh fasilitator. Menariknya, siswa juga diajak untuk merasakan suasana outdoor sehingga keseruan belajar semakin bertambah. Setelah menerima beberapa materi di dalam maupun di luar kelas, siswa langsung diarahkan untuk mempraktekkan secara langsung terkait dengan apa yang telah dipelajari. Sehingga apa yang telah mereka dapatkan semakin berkesan dan untuk dikembangkan lagi pada pertemuan-pertemuan maupun kelas-kelas literasi selanjutnya.

Bapak Muh. Abdullah, S.Pd, atau yang dikenal dengan sapaan Pak Abduh  selaku tenaga pendidik di sekolah tersebut menegaskan bahwa program ini sangatlah bermanfaat untuk memotivasi adik-adik untuk terus belajar dan mengembangkan potensinya. Harapannya semoga LKIM-PENA senantiasa bekerjasama dengan pihak Pondok Pesantren Darul Falah agar mereka bisa meraih cita-cita dan terus mengarungi samudra ilmu.


“Banyak hal yang bisa dilakukan di sekolah binaan ini, terutama pengembangan diri siswa, seperti penulisan KTI yang dalam waktu dekati ini akan terus dibimbing agar mampu berkompetisi pada ajang Pekan Kreativitas Ilmiah Remaja (PIKIR) 2017” ungkap Ince Rezky Naing selaku penanggung jawab sekolah binaan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14