Buktikan Quality Research Melalui Seminar Hasil Penelitian




lkimpena.org,- Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Unismuh Makassar melaksanakan seminar hasil penelitian di Iqra’ B Lt.4 Aula FAI, Ahad (16/07/2017). 

Setelah melewati tahap penyelesaian penelitian selama tiga bulan lamanya, para peserta diklat dituntut untuk mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya pada seminar hasil penelitian. Hasil penelitian tersebut dipresentasikan di depan para audiens dan beberapa dewan juri. Namun, sebelumnya kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Ayahanda Muh. Tahir, M.Si selaku Wakil Rektor III. Pembukaan ini juga dihadiri oleh pembina dan beberapa kakanda alumni LKIM-PENA.

Pada penyampaiannya, Ayahanda Muh. Tahir, M.Si mengatakan bahwa peserta Diklat Ilmiah XI ini adalah generasi peneliti hebat yang mampu memecahkan permasalahan, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang. Harapannya, para generasi peneliti muda LKIM-PENA mampu mengharumkan nama kampus biru berkat penelitian. Ditambahkan pula oleh Kakanda Arief Muchsin, S.Pd., M.Pd selaku pembina LKIM-PENA bahwa kedepannya, penelitian harus menjadi rutinitas dari para pengurus LKIM-PENA. Terkhusus untuk calon pengurus LKIM-PENA periode 2017-2018 harus menghadirkan sesuatu yang baru, seperti menerbitkan buku yang ber-ISBN. 

Sebanyak 61 peserta Diklat Ilmiah XI yang berhasil sampai pada tahap seminar hasil penelitian. Mereka memaparkan seperti apa penelitian yang telah mereka lakukan di depan para dewan juri yang tidak diragukan lagi kualitasnya dalam bidang penelitian. Bidang ilmu yang diteliti oleh peserta diklat bervariasi, olehnya itu mereka pun mempresentasikan hasil penelitiannya di depan juri yang juga memiliki bidang ilmu yang bervariasi, sehingga mereka mampu menyimak serta mencatat saran dan kritik yang tentunya membangun dari para dewan juri. 

Tahap presentasi berlangsung khidmat pada dua forum yang sebelumnya telah disiapkan oleh panitia. Peserta mempresentasikan hasil penelitiannya dengan penuh semangat, begitupun saat mereka menjawab pertanayaan-pertanyaan dari dewan juri. “Atmosfir ruangan presentasi sangat luar biasa. Saya merasa tegang sesaat sebelum saya mempresentasikan hasil penelitian saya. Namun saya optimis dan percaya bahwa saya mampu mempertanggungjawabkan apa yang telah saya tuliskan. Terkait dengan komentar dewan juri, sangat membangun dan membuat saya termotivasi lagi untuk terus mengembangkan apa yang telah saya teliti” ungkap Rezky Juniarsih Nur, salah satu peserta Diklat Ilmiah XI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8