Red Ocean : VIP di Pt. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), Gowa Sulawesi-Selatan





lkimpena.org,- Pengurus Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Periode 2016-2017 Unismuh Makassar telah melakukan kunjungan di Pt. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), Gowa Sulawesi-Selatan. Kunjungan ini dinamakan Visit In preneur (VIP) sekaligus Talk Show Wirausaha , Jum’at (12/5/2017).

Visit In preneur (VIP) merupakan salah satu program kerja dari Bidang IV, Kewirausahaan dan Jaringan. VIP ini diwadahi untuk seluruh pengurus LKIM-PENA Periode 2016-2017. Tentunya, bertujuan untuk menambah wawasan para pengurus terkait dengan dunia bisnis agar mampu menumbuhkan jiwa wirausaha. Ini merupakan kunjungan yang ketiga karena sebelumnya VIP telah dilaksanakan di Bank Indonesia Sul-Sel dan Pt. Nippon Indosari Corpindo (Sari Roti).

Ada dua rangkaian acara pada kunjungan ini, pertama orientasi dari pihak Mayora Group dan kemudian dilanjutkan dengan adanya kesempatan untuk melihat secara langsung proses produksinya. Hans selaku Human Resources Development pada Mayora Group memberikan sambutan yang positif dengan berkunjungnya pengurus LKIM-PENA. Hans menyampaikan sejarah berdirinya Mayora Group serta menceritakan perkembangannya dari tahun ke tahun hingga hadir pula Mayora Group di Sulawesi-Selatan. Penyampaiannya kemudian lebih rinci tekait dengan cabang Mayora Group di Gowa Sulawesi-Selatan itu sendiri. 

“Pt. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), Gowa Sulawesi-Selatan di resmikan pada tahun 2011. Hadirnya Mayora Group memberikan alokasi bagi masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggungjawab Mayora Group yang telah menempatkan lokasinya di daerah tersebut. 85% karyawannya adalah warga Gowa yang tinggal di sekitar perusahaan. Total karyawannya sekitar 467 orang dengan mayoritas laki-laki. Sejauh ini, Mayora Group sudah memiliki 7 pabrik, di Gowa salah satunya. Perusahaan ini terus berinovasi dan terus meningkatkan kualitas produknya, mengingat tuntutan dunia bisnis yang ada pada lingkaran red ocean” Hans dalam penyampaiannya 

Lanjutnya lagi bahwa Pt. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group) telah mendapatkan beberapa penghargaan. Maka ini semakin meyakinkan konsumen bahwa produknya tidak diragukan lagi. Mayora Group cabang Gowa ini, memproduksi beberapa produk salah satunya berupa minuman yaitu Teh Pucuk dan Lee Mineral dengan 30.000 produksi perharinya. Produksi yang sebanyak itu kemudian menjadikan alasan Mayora Group melakukan Company Social Responsibility Action melalui penanaman pohon di tempat pengambilan bahan produksi khususnya Lee Mineral pada bulan April lalu. Ini merupakan bentuk tanggungjawab terhadap alam pada peranannya yang luar biasa. 

Para pengurus sangat antusias, dibuktikan dengan dilontarkannya beberapa pertanyaan kepada pihak HRD yang menyampaikan materi serta pada saat kunjungan pabrik berlangsung. Novianti Akhriani , selaku penanggungjawab VIP mengungkapkan bahwa kegiatan VIP ini sangat menambah wawasan serta motivasi wirausaha untuk pengurus itu sendiri. Harapannya, semoga akan lahir wirausaha-wirausaha yang baru baik dengan konsep red ocean maupun blue ocean. Juga, ini bukan akhir dari kerjasama pihak Mayora Group dengan LKIM-PENA karena kedepannya akan banyak kegiatan-kegiatan yang bias disinergikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8