Dua Tim Kader LKIM-PENA mengikuti Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2017 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Provinsi Jawa Tengah


lkimpena.org,- Kader Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian & Penalaran (LKIM-PENA) Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH) mengikuti ajang Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2017 di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan pada tanggal 8-11 Mei 2017. Selasa (09/05/2017).


Perhelatan event Nasional di Bidang Pendidikan atau disebut Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2017 merupakan sebuah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto Provinsi Jawa Tengah dengan mengusung tema “Kolaborasi Aksi Nyata dan Peran Pendidikan untuk Menumbuhkembangkan Budaya dan Peran Pendidikan”. Pada event ini, terdapat berbagai macam kegiatan yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Media Ajar dan kegiatan yang bersifat umum. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai mahasiswa Jurusan PGSD se-Indonesia.


Kader LKIM-PENA yang berpartisipasi pada kegiatan ini terdiri dari dua tim, tim pertama  yaitu Wawan Ananda (FKIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Sry Melindayani (FKIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dan Husnul Khatimah (FKIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang membuat sebuah karya media pembelajaran “Lingkaran Budaya dan Kartu Literasi” karya ini merupakan media pembelajaran yang dijadikan wadah untuk memperkenalkan budaya Sulawesi Selatan melalui gambar disertai dengan penjelasan dan kartu pertanyaan.


Tim kedua yaitu Nur Azmi M. (FKIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Jasmia (FKIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Nur Supiana (FKIP/ Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang akan mempresentasikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Jendela Nusantara Inovasi Media Pembelajaran Kreatif dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar”. Karya ini merupakan sebuah media pembelajaran yang terbuat dari barang bekas yaitu botol plastik dengan konsep membaca melalui petak beruntun. Mengajarkan anak membaca sambil bermain dalam menemukan pokok-pokok materi yang perlu dipahami terkait dunia bermain anak.


“Ini merupakan ajang dedikasi bagi kami bagaimana mewujudkan dan memposisikan diri sebagai sebaik-baik calon pendidik, melalui ajang ini kami akan bertemu para delegasi jurusan PGSD se-Indonesia yang akan saling bersinergi dalam menumbuhkembangkan budaya literasi Indonesia melalui sebuah karya. Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, Sukses” Ujar Nur Azmi M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8