LAUNCHING SEKOLAH BINAAN LKIM-PENA DI PONDOK PESANTREN DARUL FALLAAH



lkimpena.org- Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) menyelenggarakan launching sekolah binaan Pondok Pesantren Darul Fallaah di Hutan Pendidikan Unismuh Makassar Dusun Panyambeang Desa Bissoloro Kec. Bungaya Kab.Gowa, Ahad (4/09/16).

Pondok Pesantren Darul Fallaah merupakan unit lembaga di bawah koordinasi Laboratorium School Universitas Muhammadiyah Makassar. Niatan awal didirikannya Pondok Pesantren Darul Fallaah Unismuh Makassar adalah menghidupkan lahan hutan pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Namun ikhtiar tersebut berdampak lain. Pembina pondok pesantren akhirnya terinspirasi dan termotivasi dari anak-anak desa Bissoloro yang kebanyakan berlatar belakang "putus sekolah", karena tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolahnya di luar desa Bissoloro. Launching sekolah binaan dilaksanakan pada Pukul 10:25 WITA yang dihadiri 37 orang peserta didik Pondok Pesantren Darul Fallaah.

Launching sekolah binaan dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan peresmian perpustakaan sekolah ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Muhammad Abdu, SS., selaku pembinaa Pondok Pesantren Darul Fallaah. Dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada pengurus LKIM-PENA yang telah antusias menyelenggarakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengukuhan anggota KIR yakni pemasangan pita merah putih secara simbolik kepada peserta didik yang terpilih sebagai pengurus inti dalam organisasi KIR tersebut.

 Kegiatan ini ini tidak hanya dihadiri oleh peserta didik Pondok Pesantren Darul Fallaah, Pembina KIR Pondok Pesantren Darul Fallaah, dan pengurus LKIM-PENA periode 2015/2016 tetapi juga dihadiri oleh alumni LKIM-PENA periode 2014/2015, Muh. Chaerul sekaligus sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut yakni menggali ide dan kreativitas. Materi tersebut bertujuan untuk memicu peserta didik dalam hal menggali ide dan kreativitas yang mereka miliki. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal dalam mengkontruksi ide-ide peserta didik sebelum menjadi karya-karya nyata. Selain itu, peserta didik juga menerima materi tentang motivasi menjadi penulis dari Goestina (pengurus LKIM-PENA periode 2015/2016). Materi ini dianggap perlu untuk membakar semangat peserta dalam berkaraya dan mewujudkan mimpi-mimpinya.

Gagasan yang telah dianggap lama untuk dirancang oleh pengurus LKIM-PENA dan pimpinan Unismuh Makassar, Bapak Dahlan Lama Bawa, S.Ag., M.Ag., (kepala sekolah Pondok Pesantren Darul Fallaah mendapat sambutan hangat dari masyarakat dan peserta didik yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari respon dan antusiasme peserta mengacungkan tangan untuk bertanya saat mengikuti materi yang diberikan.

“Semoga dengan terbentuknya sekolah binaan LKIM-PENA dalam hal ini pembentukan anggota KIR dan pengadaan perpustakaan menjadi langkah awal untuk peserta didik dalam mewujudkan mimpi-mimpinya melalui tradisi literasi yang kemudian mengembangkannya dalam bentuk tulisan yakni pembuatan karya tulis ilmiah”, tutur Darwi selaku ketua umum LKIM-PENA periode 2015/2016 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8