Pelepasan Kontingen PIMNAS XXIX IPB


lkimpena.org- Pimpinan Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar mengadakan acara pelepasan kepada seluruh peserta PIMNAS XXIX yang akan berangkat ke IPB (Institut Pertanian Bogor). Acara tersebut dilakukan di depan gedung rektorat Universitas Muhammadiyah Makassar, (06/08/16).

Acara pelepasan tersebut dihadiri oleh beberapa pimpinan Universitas Muhammadiyah yakni Ketua BPH Unismuh Makassar (Ir. H. M. Syaiful Saleh, M.Si), Wakil Rektor III (Drs.Samhi Muawan Djamal, M.Ag),  Dr. Rahman Rahim, M.Hum, Drs. Muh. Tahir, M.Si, Nasrul Haq, M.PA dan Dian Pramana Putra, S.Pd, M.Pd., selaku pembina UKM serta beberapa pengurus LKIM-PENA periode 2015/2016.

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) adalah ajang bergengsi untuk mahasiswa di seluruh nusantara. Peserta PIMNAS merupakan kelompok mahasiswa yang mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM) dan kemudian dinyatakan lolos ke babak final. Indonesia memiliki potensi sumber daya alam (SDA) dan manusia (SDM) yang luar biasa yang harus dimanfaatkan secara optimal. Melalui PIMNAS mahasiswa dan dosen (selaku pembimbing) dapat beriteraksi sehingga dapat menghasilkan berbagai inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Hal ini sesuai dengan tuntutan Tri Dharma perguruan tinggi, yakni agar perguruan tinggi senantiasa melakukan kegiatan bernuansa pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan PIMNAS XXIX akan dilaksanakan di Institut Pertanian Bogor dan berlangsung selama 5 (lima) hari yakni 8-11 Agustus 2016. Kegiatan ini juga akan dikuti 460 tim yang telah dinyatakan lolos oleh pihak Dikti dari berbagai universitas diseluruh Indonesia. Tahun ini Universitas Muhammadiyah Makassar mengutus 2 tim untuk berkompetisi di ajang PIMNAS XXIX tersebut. Kedua tim tersebut merupakan perwakilan dari tim PKM-P dengan judul “Kajian Kehidupan dan Kegiatan Akademik Para Mahasiswa Raja Panggung Jalanan di Universitas Muhammadiyah Makassar dan Studi Kualitatif Geng Motor Anarkis di Makassar”. Dalam menyambut ajang bergengsi tersebut peserta PIMNAS dalam hal ini kader-kader LKIM-PENA melakukan latihan presentasi selama beberapa hari yang didampingi oleh dosen pembimbing dan beberapa pembina LKIM-PENA. Tujuan dari latihan tersebut yaitu untuk memperdalam penguasaan materi yang akan dipresentasikan di hadapan dewan juri.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III mengungkapkan harapannya kepada peserta PIMNAS XXIX untuk meningkatkan prestasi yang pernah diraih pada tahun sebelumnya. Mengingat tahun lalu mahasiswa Unismuh Makassar berhasil meraih medali emas pada ajang PIMNAS XXVIII di Universitas Halu Oleo. “Semoga senyum bahagia kita hari ini adalah gambaran awal untuk menyambut kemenangan kita di ajang PIMNAS XXIX, dan gelar juara tetap menjadi prioritas utama kita”, tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14