Wujudkan Generasi Ilmiah Ri Butta Salewangan




lkimpena.org,- Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) Periode 2015/2016 Universitas Muhammadiyah Makassar kembali mengadakan kemah ilmiah yang bertempat di lapangan olahraga Pakalu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, (01/06/2016).   

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1-4 Juni 2016, yang bertemakan “Reaktualisasi Kearifan Lokal Melalui Inovasi Riset Wujudkan Generasi Ilmiah Ri Butta Salewangan” dan dibuka secara resmi oleh perwakilan Bupati Kabupaten Maros, A.Kurniawan, SH. serta dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Kapolsek Bantimurung, Lurah Kalabbirang dan beberapa tokoh masyarakat. Kemah Ilmiah ini diperuntukkan kepada seluruh siswa SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Kabupaten Maros. 

Kemah ilmih merupakan sebuah bentuk transfer ilmu untuk menciptakan kesetaraan hubungan timbal balik antara alam dengan manusia agar tidak tercipta difungsi diantara keduanya, membentuk pribadi yang mandiri dan mampu memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi. Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah menciptakan kader-kader ilmiah dan sebagai forum komunikasi bagi pelajar agar mampu berinteraksi membentuk sebuah perubahan bagi bangsa menuju bangsa yang ilmiah.

Ada beberapa paket kegiatan yang akan dilaksanakan oleh panitia penyelenggara yaitu Inspiring Dialogue, Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Materi Metodologi Penelitian, Pelatihan Teknik Presentasi, Research Action, Coaching Debater, dan Aksi Peduli Lingkungan serta beberapa paket lomba, yakni karya tulis ilmiah, debat ilmiah, pidato bahasa inggris, mading ilmiah, tilawah dan saritilawah, pentas kreativitas dan kebersihan tenda.

“Kemah Ilmiah ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk prospek pendidikan kedepannya. Kegiatan ini tentunya memiliki dampak positif terhadap peserta sebagai generasi muda penerus bangsa ” ujar Muh. Aris, S.Sos., M.Si. selaku pimpinan Dinas Pendidikan Kabupaten Maros dalam menyampaikan sambutannya.

Peserta kemah ilmiah sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang ada. Hal ini terbukti saat peserta mengikuti kegiatan Inspiring Dialogue yang merupakan agenda pertama dalam kegiatan kemah ilmiah. Hampir semua peserta mengajukan beberapa pertanyaan kepada pemateri.

Muhammad Yusuf Abdullah selaku ketua panitia berharap kemah ilmiah 2016 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta semua peserta mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh demi mewujudkan generasi ilmiah sesuai dengan tema yang telah diusung.

1 komentar:

  1. Semangaattt para pengurus LKIM-PENA.,
    Tetap berkarya untuk bangsa dan negara....

    BalasHapus

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8