Bidang Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT)


PROGRAM KERJA BIDANG II (PENDIDIKAN DAN PELATIHAN)
LEMBAGA KREATIVITAS ILMIAH MAHASISWA PENELITIAN DAN PENALARAN (LKIM-PENA)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

No.
Jenis Program Kerja
Gambaran Umum
Penanggung Jawab
1.
Upgrading Pengurus LKIM-PENA Periode 2015-2016
Kegiatan ini diperuntukkan kepada seluruh pengurus LKIM-PENA periode 2015-2016 yang bertujuan untuk memantapkan kepemimpinan, memperkuat loyalitas, solidaritas dan nila-nilai religius baik ketua umum maupun seluruh pengurus. Melalui Upgrading, seluruh pengurus diharapkan mampu memahami kedudukan dan peran masing-masing, sehingga terbentuk sistem kepemimpinan visioner dalam menjalankan amanah yang telah diterima dan tentunya mampu mencapai visi bersama. Dengan demikian LKIM PENA akan tetap eksis, terus berkontribusi, serta menorehkan prestasinya, mengharumkan almamater biru UNISMUH Makassar baik di kancah nasional maupun internasional.
Rangkaian Acara Upgrading Pengurus yaitu penerimaan materi-materi seperti Kepemimpinan dan Management Kesekretariatan, Teknik Lobi dan Retorika serta Analisis SWOT dan Teknik Pengambilan Keputusan yang diikuti oleh seluruh pengurus LKIM periode 2015-2016.
Steering dan Panitia yang Terbentuk
2.
Pendidikan dan Pelatihan Ilmiah X (DIKLAT ILMIAH X)
Pendidikan dan Pelatihan Ilmiah X atau yang lebih dikenal dengan Diklat Ilmiah X merupakan kegiatan perekrutan mahasiswa sebagai anggota baru LKIM-PENA periode 2015-2016. Dengan sasaran perekrutan adalah seluruh Mahasiswa UNISMUH Makassar. Diklat Ilmiah X bertujuan untuk membentuk kader-kader cendekia sebagai pribadi-pribadi yang mandiri, tangguh, cerdas, kreatif, inovatif dan kompetitif serta membentuk kader yang mampu mewujudkan Global Research. Perekrutan ini adalah sebuah kegiatan transfer ilmu untuk menciptakan kesetaraan hubungan timbal balik antara alam dengan manusia agar tidak tercipta disfungsi diantara keduanya, membentuk pribadi yang mandiri dan mampu memberikan solusi terhadap persoalan yang dihadapi. Selain itu, dalam kegiatan ini pula para kader-kader ditanamkan sikap-sikap loyalitas dan solidaritas sebagai benteng dalam menjadi generasi penerus untuk LKIM-PENA khususnya.
Selama proses kegiatan DIKLAT Ilmiah X para peserta diperkenalkan dan dibimbing dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah baik itu yang bersifat Library Research maupun Penelitian Langsung. Melalui pendampingan dan pembibimbingan diharapkan mampu menciptakan kader-kader baru yang mampu berpikir kritis permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekitar dan mampu menciptakan solusi-solusi cerdas serta mampu untuk mempertanggung jawabkan setiap langkah yang mereka ambil.
Steering, Penanggung Jawab (Ketua dan Sekertaris Bidang II), dan Panitia yang Terbentuk
3.
Workshop PKM GT-AI dan Workshop PKM 5 Bidang
Workshop PKM GT-AI dan PKM 5 Bidang merupakan agenda rutinitas dari LKIM-PENA Universitas Muhammadiyah Makassar yang bertujuan untuk berbagi informasi dan ilmu kepada seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar tentang Program Kreativitas Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan PKM sebagai salah satu program DIKTI yang menuntut ide kreatif dan inovatif mahasiswa seluruh Indonesia.
Kegiatan Workshop menitikberatkan kepada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) UNISMUH Makassar khususnya kalangan mahasiswa melalui Program Kreativitas Mahasiswa dalam menciptakan mahasiswa sebagai peneliti yang kompetitif. Kegiatan ini pula diharapkan mampu menghantarkan mahasiswa untuk dapat memiliki kemampuan menulis secara sistematis dan mampu menguraikan permasalahan sehingga dapat mendorong perlunya dilakukan upaya untuk mencari solusi dengan tujuan tertentu berdasarkan landasan teori yang terkait dengan permasalahan yang dibahas serta ketajaman analisis dalam memecahkan masalah yang ada.  Dengan workshhop ini diharapkan dapat mendorong kegiatan mahasiswa untuk dapat memberikan konstribusi terhadap kemajuan ilmu dan teknologi.
Steering dan Panitia yang Terbentuk
Koordinator: Riska Wahyuni

PKM GT-AI
Karmila A,
Irza Rahayu,
Darnawati Tompo

PKM 5 Bidang
Sumarni,
Yunita, Marsyaliha

4.
Kemah Ilmiah
Kegiatan Kemah Ilmiah merupakan kegiatan terbesar yang dinaungi oleh bidang II LKIM-PENA. Kemah Ilmiah (KEMIH) merupakan kegiatan yang menekankan kepada transfer ilmu dan pelatihan penulisan Karya Tulis Ilmiah yang dikonsep dalam bentuk perkemahan. Tujuan dari program pelatihan ini yaitu untuk memperkenalkan sejak dini kepada peserta tentang kegiatan-kegiatan yang bersifat ilmiah dan juga tentunya untuk menciptakan generasi-generasi muda yang mampu memberikan solusi-solusi cerdas dan inovatif terhadap permasalahan yang ada.
Kegiatan yang dilaksanakan sekali dalam kepengurusan ini, dilakukan di daerah yang menjadi objek pelatihan. Adapun sasaran dari Kegiatan ini yaitu siswa-siswa SMA se-derajat. Program kerja ini, diharapkan mampu untuk lebih membantu dalam membentuk peneliti-peneliti muda dan mengembangkan penelitian-penelitian yang berkualitas demi Bangsa yang lebih baik.
Steering, Penanggung Jawab (Ketua dan Sekertaris Bidang II), dan Panitia yang Terbentuk

Koordinator : Amanda Juanda dan Nurhidaya Nogang
Anggota : Rahman, Surya Dharma, Ayu Oktaviani Azhari, Rismaya Dwi Saputri
4
English Day
English Day adalah sebuah program yang bertujuan untuk memfasilitasi pengurus dan anggota LKIM-PENA dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Ini dilakukan sebagail salah satu usaha dalam meraih cita-cita LKIM-PENA yaitu terus melebarkan sayap hingga kancah Internasional. Dalam pelaksanaan English day, para peserta diberi materi-materi Bahasa Inggris kemudian mereka dituntut untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Koordinator: Andi Sri Hardianti
Anggota: Sefira Salsabilah, Siska Indrimonika, Nursupiana, Pahira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8