Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial (Tawuran Antar Pelajar) MTS Muhammadiyah Tallo.

RINGKASAN

Sulaeha dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial (Tawuran Antar Pelajar) MTS Muhammadiyah Tallo.

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti di Mts. Muhammadiyah Tallo, menunjukkan data bahwa Sosiologi merupakan Mata Pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa, ini terbukti dengan rendahnya nilai rata-rata pada pokok bahasan tertentu. Masalah ini terjadi karena guru menggunakan model mengajar yang tidak sesuai dengan materi pelajaran dan biasanya guru hanya mengajar materi yang diajarkan sehingga siswa sulit untuk memahami/menguasai konsep materi pelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran sosiologi meningkat adalah model pembelajaran SAVI. Tujuannya adalah untuk meningkatkankan hasil belajar sosiologi Siswa Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial (Tawuran Antar Pelajar) Mts. Muhammadiyah Tallo. dengan Menerapkan Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intelectually). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus yang meliputi tahapan-tahapan pelaksanaan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Objek penelitian ini Mts. Muhammadiyah Tallo dan objek penelitian adalah siswa Kelas VIII. Dengan biaya yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak Rp. 7.500.000 dengan jadwal kegiatan 3 bulan.

Kata kunci: Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually, hasil belajar.
ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14