Gelombang Laut, Oscillating Water Column, Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

RINGKASAN

Sadriana Ayu, 2014. Pemanfaatan Gelombang Laut Berbasis Oscillating Water Column sebagai Alternatif Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan. Universitas Muhammadiyah Makassar.

 Listrik sudah merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia karena peningkatan dan perkembangan baik dari jumlah penduduk sampai pada investasi yang semakin meningkat akan memunculkan berbagai industri yang bergerak pada bidang teknologi yang menggunakan dan membutukan listrik untuk mengoperasikannya.
Oleh karenannya kehidupan manusia dapat dikatakan sangat bergantung kepada listrik sehingga di Indonesia dengan kekayaan alam yang dimilikinya yang sangat berlimpah menggunakan bahan-bahan galian sebagai alternatif pembangkit listrik seperti batubara dan minyak bumi. Bahkan Indonesia sendiri sudah termasuk negara pengekspor batubara terbesar didunia sebgai bahan untuk tenaga dan energi untuk pembangkit listrik. Apabila hal ini selalu terjadi maka hanya akan merugikan negara sendiri dan ironisnnya masih ada daerah-daerah terpencil di Indonesia belum memiliki listrik. Melihat potensi laut yang ada di Indonesia sangat baik jika memanfaatkan tenaga gelombang laut sebagai sumber energi pembangkit listrik. Energi besar yang dimiliki ombak dilautan dapat diubah menjadi tenaga listrik melalui oscillating water column yang ramah lingkungan dengan prinsip kerjanya memakai turbin dan generator. Dengan kata lain aliran gelombang laut yang mempunyai energi kinetik masuk kedalam mesin konversi energi gelombang. Kemudian dari mesin konversi aliran gelombang yang mempunyai energi kinetik ini dialirkan menuju turbin. Di dalam turbin ini, energi kinetik yang dihasilkan gelombang digunakan untuk memutar rotor. Kemudian dari perputaran rotor inilah energi mekanik yang kemudian disalurkan menuju generator. Di dalam generator, energi mekanik ini dirubah menjadi energi listrik (daya listrik). Dari generator ini, daya listrik yang dihasilkan dialirkan lagi menuju sistem tranmisi (beban).

Kata kunci: Gelombang   Laut,   Oscillating   Water   Column,   Pembangkit        Listrik   Ramah   Lingkungan 
ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Mallengkeri 1 Perumahan Griya Pesona Adenium No. C8