Ensiklopedia Anak Nusantara; Media Pembelajaran Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia Menuju Sistem Pendidikan Berbasis Outbound Learning

RINGKASAN

Ashar Musyafir, Dkk. 2013. Ensiklopedia Anak Nusantara; Media Pembelajaran Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia Menuju Sistem Pendidikan Berbasis Outbound Learning. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pendidikan tidak akan pernah lepas dari peranan manusia sebagai pelaku utama, oleh karena itu pendidikan harus selalu diharapkan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Namun saat ini kualitas pendidikan di Negara kita masih tergolong rendah. Pendidikan multikultural dapat dirumuskan sebagai wujud kesadaran tentang keanekaragaman budaya untuk suatu kehidupan masyarakat yang adil dan maju.
Pendidikan multibudaya juga didasarkan pada kenyataan bahwa siswa tidak belajar dalam kekosongan, budaya mereka memengaruhi untuk belajar dengan cara tertentu. Tentu budaya harus dijaga oleh generasi masa depan karena anak-anak sangat terpengaruh oleh budaya luar. Mereka cenderung mengikuti budaya lain karena menurut mereka lebih menyenangkan dan menawarkan kebebasan yang lebih. Tujuan untuk mengetahui desain media pembelajaran serta pengaruh penerapan pembelajaran Ensiklopedia Anak Nusantara sebagai pelestarian budaya bangsa Indonesia menuju sistem pendidikan berbasis outbound learning. Jenis tulisan dalam karya tulis ini bersifat kajian pustaka (Library Reseach) data yang diperoleh disajikan secara deskriptif sehingga menunjukan waktu kajian ilmiah yang dapat diterapkan dan di kembangkan lebih lanjut. Melalui media pembelajaran Ensiklopedia Anak Nusantara ini, siswa lebih tertarik kepada metode yang diterapkan karena siswa pada umumnya dalam dunia anak-anak yang identik dengan bermain. Ensiklopedia Anak nusantara ini berupa buku edukasi bergambar yang berisi cerita-cerita kebudayaan lanak nusantara yang kemudian dilengkapi dengan gambar ilustrasi. Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Kegiatan outbound kini adalah suatu metode belajar mengajar yang dilakukan di alam terbuka untuk mengenal pengalaman yang disajikan dalam bentuk permainan, diskusi, dan petualangan sebagai media penyampaian meteri. Dengan melaksanakan media pembelajaran Ensiklopedia Anak Nusantara ini maka pemerintah berhak berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Kata kunci: Ensiklopedia Anak Nusantara, Pendidikan Outbound Learning,   Budaya Bangsa Indonesia.
ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14