USAHA KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL REPLIKA LOPI SANDEQ BERBAHAN DASAR LIMBAH KAYU SEBAGAI SOUVENIR KHAS SULAWESI BARAT

USAHA KREATIF BERBASIS BUDAYA LOKAL REPLIKA LOPI SANDEQ BERBAHAN DASAR
 LIMBAH KAYU SEBAGAI SOUVENIR KHAS SULAWESI BARAT

Taslim
Universitas Muhammadiyah Makassar

RINGKASAN

Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok suku bangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok suku bangsa yang ada di daerah tersebut. Dalam pendataan penduduk oleh Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Indonesia (kompas.com) terhitung 31 Desember 2010 mencapai 259.940.857 juta orang di mana mereka tinggal tersebar di berbagai pulau yang terdapat di Indonesia. Mereka juga mendiami wilayah dengan kondisi geografis yang bervariasi. Mulai dari pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan.



Lopi Sandeq yang merupakan suatu kebudayaan khas di Tanah Mandar (Sulawesi Barat) seharusnya mampu menjadi identitas suatu daerah dalam memperkenalkan budaya atau daerah itu sendiri, Olehnya sebagai mahasiswa dapat melihat petensi bisnis yang memalui kebudayaan Lopi Sandeq yaitu bisnis souvenir dengan memanfaatkan limbah kayu sisa dari pertukangan menjadi sebuah produk yang menarik. Maka dari muncul sebuah ide yaitu “Usaha Kreatif Berbasis Budaya Lokal Replika Lopi Sandeq Berbahan Dasar Limbah Kayu sebagai Souvenir Khas Sulawesi Barat”

Tujuan dari program ini adalah diharapkan dalam usaha ini yaitu terciptanya sebuah produk “Souvenir Lopi Sandeq” yang merupakan bentuk apresiasi budaya lokal dalam berwirausaha sekaligus menjadi produk khas suatu daerah yaitu Sulawesi Barat, dimana merupakan tempat lahirnya dan berkembangnya kebudayaan lopi sandeq. Adapun metode yang digunakan dalam memcapai tujuan diatas yaitu terbagi atas 4 tahap, yang pertama pemantapan rencana usaha, tahap kedua Pengadaan alat dan bahan, selajutnya pada tahap pembuatan souvenir Lopi Sandeq, dan tahap akhir yaitu proses pemasaran produk ke konsumen.

Kata kunci: Budaya Lokal, Lopi Sandeq, Souvenir.
ALAMAT RUMAH PENA: Jln. Sultan Alauddin No. 259 Samping Rusunawa A Unismuh Makassar dan jln. Sultan Alauddin Kompleks Griya Fajar Mas Blok P/14